Jumat, 12 Juni 2009

Wisata Sejarah Monumen Kresek


Dok.MI
Madiun merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Letaknya cukup dekat dengan Surabaya dan Surkarta. Di Kota ini terdapat pusat industri kereta api (INKA). Madiun dikenal memiliki julukan sebagai Kota Gadis.

Madiun berada di jalur utama strategis, Surabaya-Yogyakarta. Kota ini juga menjadi persimpangan jalur menuju Ponorogo dan Pacitan ke arah selatan. Oleh karena itu, Kota Madiun ditetapkan sebagai wilayah hinterland atau pusat ekonomi untuk daerah sekitarnya dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (Perda No 6/2007).

Berbagai objek wisata perlu Anda kunjungi di kota Madiun. Beberapa diantaranya adalah Air terjun Seweru, Monumen Kresek, Waduk Widas, Nglambangan dan lain sebagainya.

Monumen Kresek, adalah monumen yang menyimpan banyak peninggalan tragedi PKI di tahun 1948. Memiliki luas tanah sekitar 2 hektar dan berada 8 km ke arah timur dari pusat kota Madiun. Adapun fasilitas wisata yang ada pada tempat ini, antara lain, pendopo tempat istirahat, taman tanaman langka dan dilengkapi pula areal parkir.

Jika Anda ingin berwisata ke lokasi sejarah yang lebih kuno, datanglah ke Nglambangan. Situs peninggalan ini berkisah di zaman Majapahit dan berada di Kecamatan Wungu. Beberapa peninggalan yang tersisa adalah Pura Lambangsari, Pesiraman, Sumur kuno dan lain sebagainya

0 komentar: